Jumat, 04 Juni 2010

penyebab gangguan komunikasi

Penyebab gangguan komunikasi pada anak

Dilihat dari penyebabnya: gangguan komunikasi bisa disebabkan oleh gangguan pada masalah memproduksi kata-kata karena motorik mulut, gangguan pada pendengaran sehingga tidak bisa mendengar kata apalagi mengingat kata-kata dengan jelas, tidak memahami arti kata-kata dan mengasosiasikan dengan situasi dan lingkungan tidak mendukung anak untuk termotivasi berbicara atau mengembangkan kemampuan bicaranya.

- Untuk penyebab yang pertama, biasanya di dalam speech therapy akan ditangani dengan pendekatan tertentu dilihat dari kebutuhan anak, pendekatan tersebut dapat berupa blowing atau oral motorik yang lain.

- Penyebab kedua, biasanya diperiksa dulu pendengarannya atau umumnya anak-anak yang mengalami pendengaran lebih banyak belajar melalui visual (visual learning).

- Pada penyebab yang ketiga, ditangani dengan cara mengajari meaning kata, faktor lingkungan adalah faktor terakhir tapi sekaligus menopang seluruh faktor di atas bisa efektif dan bisa ditangani melalui pendekatan functional comunication yang bisa di set up situasinya oleh lingkungan dan bisa secara praktis dilakukan orang tua.


Sumber : Muttaqin, Arif. (2005). Pengantar Asuhan Keperawatan Dengan gangguan Sistem Persyarafan. Jakarta : Salemba

0 komentar:

Posting Komentar