Minggu, 21 Maret 2010

Perilaku Anak Autistik

Perilaku Anak Autistik

Semua yang kita lakukan dapat disebut sebagai perilaku. Senyum, makan, minum, berjalan, menangis dan berbicara merupakan perilaku (behavior). Dalam tahap awal perkembangan, semua perilaku tersebutdiharapkan dan didorong agar muncul pada tahap perkembangan dan pertumbuhan. Sebagian dari perilaku menunjukan perilaku yang baik, dapat diterima dan tepat. Tetapi terkadang sebagian orang memiliki masalah dalam perilakunya.

Beberapa bentuk perilaku anak autistik menunjukkan keberbedaan yang mencolok dibanding dengan anak-anak pada umumnya. Perbedaan perilaku anak autistik nyata berbeda kaitannya dengan perkembangan perilaku anak-anak seusianya. Seperti ciri-ciri perilaku anak autistik yang tak terarah; mondar-mandir, lari-lari, manjat-manjat, berputar-putar, lompat-lompat, rigid routine, tantrum, terpukau terhadap benda yang berputar atau benda yang bergerak) menunjukkan perbedaan yang nyata dengan teman seusianya. Dengan perbedaan ini, perilaku anak autistik menjadi masalah dari perkembangannya. Beberapa masalah perilaku dapat ditunjukan dalam situas-situasi sebagai berikut:

· Anak tidak melakukan dengan tepat sesuai dengan lingkungan sekitar.

· Perilaku anak-anak tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dari teman-teman sebayanya.

· Anak-anak tidak melakukan apa yang kita ingin mereka lakukan atau ketika kita ingin mereka untuk melakukan sesuatu atau bagaimana kita ingin hal itu dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Yuwono, Joko. (2009). Memahami Anak Autistik, Kajian Teoritik dan Empirik. Bandung: PT. Alfabeta.

0 komentar:

Posting Komentar