Jumat, 09 Oktober 2009

Ibu Yang Memiliki Anak Yang Mengalami Gangguan Kejiwaan

Pada sebuah keluarga yang mempunyai anak yang mengalami gangguan kejiwaan. Dalam keluarga ibu V.N ia mempunyai 5 orang anak laki-laki dan anak yang nomor 2 meninggal dunia karena sakit. Anak ibu V.N yang masih sekolah ada 2 orang dan rata-rata anak ibu V.N lulusan SMP, dan hanya 1 yang melanjutkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) itu juga karena di biayai oleh saudaranya .

Anak pertama ibu V.N bernama R.B. Pada usia 20 tahun R.B ini mengalami gangguan kejiwaan. Penyebabnya adalah R.B di tinggal pergi oleh istri dan juga anaknya, juga tidak mempunyai pekerjaan dan mempunyai masalah dengan ayahnya. Aktivitas yang biasa ia lakukan adalah merokok,minum kopi,berbicara sendiri dan suka marah-marah yang tidak jelas dan hanya di dalam kamar saja yang gelap gurita.

Ibu V.N ingin sekali membawa R.B ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) agar anaknya mendapat perawatan yang lebih efektif dari pada di rumahnya, tetapi ibu V.N mempunyai kendala yaitu tidak mempunyai biaya untuk perawatan R.B. Menurut ibu R.B untuk kehidupan sehari-hari saja ibu V.N serba kekurangan. Walaupun ia mempunyai warung kecil itu juga hanya cukup untuk makan saja.

Kadang R.B suka mengamuk tiba-tiba dan R.B lebih sering berada di dalam kamarnya yang gelap tanpa cahaya lampu dan tidak mau keluar dari kamarnya tersebut. Melihat kondisi R.B yang seperti itu ibu V.N sering sekali menangis,sedih,dan kasihan sekali. Ia ingin sekali membantu anaknya supaya normal / sembuh kembali seperti dulu lagi. R.B sudah 1 tahun mengalami gangguan kejiwaan / stress.

Ibu V.N tidak tahu apa yang menyebabkan istri dan anak R.B meninggalkan R.B dan respon istri dan anak R.B melihat kondisi R.B seperti itu, mereka tidak peduli justru mereka malah takut dan tidak ingin bertemu sama sekali dengan R.B. Ibu V.N mempunyai hambatan saat menjaga dan merawat R.B yaitu suaminya yang tidak peduli terhadap kondisi R.B malah semakin membenci R.B, tidak mempunyai biaya untuk merawatnya dan bingung jika R.B mulai mengamuk. Waktu itu tangan ibu V.N di lukai dengan pisau oleh anaknya sampai ibu V.N di rawat di Rumas Sakit dan mendapat 4 jahitan.

Gambar 1

Ini adalah foto ibu V.N saat menjaga warung kecilnya.


Gambar 2

Ini adalah foto kamar R.B yang gelap, yang saya ambil dari luar. Karena terlalu gelap jadi hanya kelihatan bagian tubuhnya saja.

Gambar 3

Ini adalah gambar tangan ibu V.N yang di lukai dengan pisau dapur oleh R.B saat mengamuk dan mendapat 4 jahitan.

  • Sekian wawancara dan interview saya dengan ibu V.N. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata yang saya uraikan di atas. Bila ada yang mau atau ingin membantu keluarga ibu V.N, anda bisa mengirimkan email ke marni_setia@yahoo.com




Nama : Marni Setia

Kelas : 2PA05

Jurusan : Psikologi

Tugas : Kesehatan Mental

0 komentar:

Posting Komentar